Sabtu, 02 Oktober 2010

Resume ke-2: Pendidikan untuk Anak Cerdas dan Berbakat Istimewa

Photobucket

Cerdas dan berbakat istimewa secara umum biasanya mengacu pada istilah gifted yang biasa digunakan di Inggris ,yaitu anak-anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata anak normal dan memerlukan pengembangan pelatihan secara serius dan sistematis.Anak-anak gifted biasanya dipengaruhi oleh:

1.Genetik(intelegensi atau IQ)
2.Lingkungan (kreativitas,task komitemen,motivasi)

Secara umum orang sering memandang salah paham tentang anak Cerdas dan berbakat Istimewa(gifted).seringkali dianggap anak nakal yang susah di atur dan lain-lain karena sering kali orang tua atau guru di sekolah tidak memahami potensi anak-anak gifted tersebut. Dalam kenyataanya IQ hanya menyumbang 20% terhadap keberhasilan.Anak gifted juga masih dianggap homogen dan diasumsikan sama dengan anak pintar (high achiver).padahal sebetulnya karakteristik anak gifted berbeda dengan anak high achiver
Talent atau Talenta pada anak-anak gifted (atau juga anak-anak lainnya) dapat dibagi menjadi 4 Domain (Cohn, 1981), yaitu:

1) Intelectual Domain berupa talenta qualitatif, spatial, verbal, dan talent lainnya
2) Artistic Doamin, yaitu seni, drama, dan lainnya
3) Social Domain, yaitu emphaty/altruistic talent, leadership, dan lainnya
4) Other Human Ability Domains, atau spesific talent dimensions.
Perbedaan anak pintar dan anak cerdas berbakat istimewa:
1.Pintar(bright/high achiver):
• Menjawab pertanyaan dengan benar
• Berminat dengan sesuatu
• Menunjukan perhatian
• Mendengarkan penuh dengan minat
• Memahami gagasan orang lain dengan baik
• Suka sekolah
• Suka waspada

2.Cerdas Berbakat istimewa
• Selalu mempersoalkan pertanyaan/permasalahan
• Penasaran dengan sesuatu
• Terlihat secara emotional,mental dan fisik
• Hobi kritik dan bawel
• Menyimak untuk siap berdebat
• Suka belajar
• Membentuk gagasan sendiri
• Kemampuan membaca sangat tinggi

Implikasi Anak-anak cerdas dan berbakat istimewa memiliki banyak kelebihan terutama kecepatan dalam menyelesaikan tugas .Memiliki keunggulan dalam berpikir abstraksi memiliki desain pembelajaran yang lebih cepat.
Kondisi anak cerdas dan berbakat istimewa di indonesia sampai saat ini masih menyedihkan karena sampai saat ini pun belum ada lembaga pendidikan khusus yang mengelolanya satu-satunya layanan hanya akselerasi dalam belum ada bentuk kurikulum khusus belum ada progam yang menyiapkan guru khusus anak-anak cerda dan berbakat istimewa.Pembelajarannya hanya berfokus pada daya setiap materi saja dan yang bisa mengakses hanya 9.551 anak dari potensi 1,3 juta anak
Fenomena yang sering trjadi adalah brain-brain anak cerdas dan berbakat istimewa itu yang sudah di didiki khusus secara optimal sering kali di bajak pihal luar negeri sehingga negara ini banyak kehilangan potensi-potensi anak bangsa yang berbakat istimewa

Tipe anak gifted yaitu:
• Succesfull
• Penantang
• The Underground
• The dropouts
• The double labeld
• The outnomous leaners

Ada beberapa macam layanan pendidikannya yaitu:
content - based acceleration, grade - based acceleration, pengayaan dan pendalaman. Dan ada beberapa dimensi diferensiasi yaitu,
content meliputi : kompleksitas, abstraks, variasi, unsur manusia, meningkatkan siswa untuk menemukan jembatan antara ide-ide dan bidang studi serta jalur untuk belajar sesuatu yang baru,

process meliputi : penggunaan ranah kognitif tingkat tinggi, tugas bersifat divergen, melibatkan interaksi kelompok àcooperative learning problem based, work based, dan variasi kecepatan belajar sesuai dengan keadaan siswa,

produk meliputi kelas lingkungan, kebebasan bergerak, batasan waktu yang fleksibel, dan pemanfaatan sumber daya belajar, teacher harus bisa sebagai leader-member exchange, shared leadership (saling mempengaruhi, berbagi tanggung jawab), level s.executive (membangun kebesaran melalui sikap rendah hati dan professional), dan servent leadership (listening, empathy, healing).

0 komentar:

Posting Komentar